Aura Positif Lampu Hias

MENCIPTAKAN suasana ruang yang berbeda tidak perlu dengan mengganti atau menghadirkan furnitur baru. Lampu dekoratif pun bisa melakukan hal itu.

Lampu, terutama lampu hias, mampu memberikan atmosfer yang berbeda pada hunian dengan sentuhan estetikanya. Warna cahaya, tingkat keterangan, dan bentuk wadah yang dihasil-kan lampu dapat memberikan nuansa ruang yang berbeda. Ruangan juga tampak cantik dengan cahaya yang terang atau temaram.

Namun, untuk menghadirkan tampilan ruang yang bernuansa lebih terang atau temaram melalui lampu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Misalnya penyesuaian antara model lampu dan gaya serta bentuk desain interior ruangan, luas ruang, cat dinding, furnitur pengisi ruang, dan nuansa yang ingin dihadirkan. Biasanya, ruangan yang sering menghadirkan lampu untuk menambah kesan cantik adalah ruang tamu dan ruang keluarga. Sebagai public service, ruang tamu memang menjadi salah satu ruang penilaian tamu terhadap si empunya rumah. Alhasil, penghuni pun tidak akan segan-segan memoles wajah ruang tamu secantik mungkin.

"Untuk penataan interior hunian, sebaiknya memilih jenis lampu dekoratif yang mampu memberikan efek dramatis dan warm pada ruang. Kita juga harus memiliki pengetahuan dalam menatanya sehingga keindahan lampu tidak terasa flat," kata desainer interior dari Millenia Furniture, Anita Buntarman.

Lampu hias yang bisa dihadirkan di antaranya lampu gantung yang biasanya ditempatkan di tengah ruangan, lampu dinding, atau lampu meja (table lamp) yang umumnya diletakkan di sudut ruangan atau di atas furnitur. Masing-masing lampu tersebut memiliki kelebihan, yang disesuaikan dengan fungsi dan tampilan yang ingin dihadirkan.

Dominasi lampu gantung, yang biasanya dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga, kini mulai surut. "Posisinya" digantikan oleh lampu dinding, table lamp, atau ceiling lamp (lampu langit-langit) yang lain. Mengenai jenisnya, lampu kristal masih menjadi lampu hias yang diminati untuk dijadikan unsur pemanis ruangan dengan "aura" kemewahannya. Kendati demikian, jenis lampu lainnya juga memiliki aura positif yang berbeda dan unik. Dengan beragam variasinya, lampu dinding pun tidak kalah pamor karena lampu ini perlahan mulai dilirik masyarakat yang cenderung menyukai kesan minimalis dan manis. Sementara lampu kristal memberikan nuansa lebih mewah dan elegan yang umumnya diaplikasikan pada hunian bergaya klasik. Adapun rumah bergaya modern lebih banyak memakai table lamp dengan berbagai variasinya yang disesuaikan dengan ukuran meja.

"Yang juga perlu diperhatikan adalah ukuran table lamp yang digunakan. Bila proporsi lamp sheet-nya tidak pas, keindahannya tidak akan terasa," kata Anita.

Selain itu, untuk ruangan dengan desain tropis, Mediteranian, dan etnik, lampu hias dapat diaplikasikan sesuai dengan karakter ruang. Hal itu dimaksudkan agar kesan harmonis yang manis bisa muncul.

Mengenai cahaya lampu yang mampu mendukung pesona ruangan yang hendak ditampilkan, Anda bisa memilih warna cahaya melalui jenis lampunya. Pemilihan jenis cahaya sebaiknya disesuaikan dengan selera dan suasana yang ingin dihadirkan. Misalnya dengan menghadirkan lampu halogen atau neon (fluorescent).

Arsitek dari Studio Detail Design Nucke Kandisari berpendapat, jika ingin menghadirkan kesan dingin pada ruangan, hadirkan lampu neon yang menghasilkan cahaya berwarna putih. Sementara itu, jika ingin menghadirkan suasana hangat dan nyaman, lampu halogen dengan cahaya berwarna kekuningkuningan bisa menjadi pilihan. "Selain sinarnya jauh lebih lembut dan tidak membuat mata silau, juga membuat aksesori atau pernakpernik pembentuk tatanan interior menjadi lebih hidup," kata Nucke.

Sementara arsitek dari PT Forum Lima Kreasi Nugroho Widhi menambahkan, jika ingin ruangan tampil romantis dan santai, sebaiknya pilih cahaya remang-remang dengan pantulan warna kuning. Namun, jika ruangan ingin ditampilkan dalam nuansa lebih formal, pilih lampu dengan cahaya yang terang. Selain warna cahaya, wadah lampu juga mampu memberikan pantulan cahaya yang berbeda. Wadah lampu hias yang bisa dipadupadankan dengan lampu juga beragam, ada yang terbuat dari kayu jati, kuningan, onyx, kaca, alabaster, dan kristal. Masing-masing bahan memiliki kelebihan, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kesan yang ingin dihadirkan, juga desain interior ruangan. Misalnya, jika ruangan bergaya tradisional, wadah dari kayu jati lebih tepat dihadirkan.
(sindo//tty)

0 komentar: