Menciptakan Suasana Fitri di Ruang Tamu

BEBERAPA hari lagi kumandang takbir akan menggema. Kebiasaan yang kerap dilakukan menyambut hari nan fitri bagi umat muslim itu adalah menghias hunian.

Tidak hanya pagar dan cat dinding, ruang dalam hunian pun dipermak serta dipoles sedemikian rupa untuk menciptakan kesan ruang berbeda dibandingkan hari-hari sebelumnya. Salah satu ruang yang menjadi sasaran selain fasad rumah adalah ruang tamu, yang akan menjadi central kunjungan saat Lebaran tiba.

Menghadirkan nuansa hari Fitri, beragam ornamen dan aksesori yang mengantarkan atmosfer "fitri" itu memang perlu dipertimbangkan. Namun, beragam aksesori yang dihadirkan di ruang itu sebaiknya tidak berlebihan dan mencerminkan nuansa sederhana tapi anggun, seanggun fitrinya Lebaran.

"Kalau ruangan masih bagus, tidak perlu banyak mendesain ulang ruangan atau mengganti furnitur. Selain mengeluarkan biaya yang lebih besar, sayang juga jika furnitur yang masih bagus harus diganti. Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan atau memberi tampilan ruang tamu yang berbeda dengan bermain pada aksesori," kata Head of Creative dari Adaide, Rani Anggraeni.

Misalnya dengan mengganti aksesori ringan di ruang tamu, seperti sarung bantal, gorden, vas bunga, cap lampu, atau mengganti warna dinding. Warna dinding yang dipilih, menurut dia, bisa warna apa saja. Namun, jika penghuni memang ingin menghadirkan suasana Lebaran di ruang tamunya, bisa memilih warna kalem, semisal hijau yang memang identik dengan warna islami.

Meski demikian, Rani mengingatkan, beragam aksesori dan furnitur itu akan indah dihadirkan dalam ruang tamu asal memperhatikan sirkulasi udara. "Jika ruang tamu sempit, sebaiknya perlebar area sirkulasi agar ruang tidak menjadi sumpek," sarannya.

Rani mencontohkan, peletakan kursi sebaiknya menempel pada dinding, jangan di tengah ruang. Sebab, ruang tamu ketika Lebaran umumnya dipenuhi tamu, baik tetangga maupun sanak saudara. Dengan peletakan di sisi luar, ruang menjadi lebih luas. Untuk ruang tamu berukuran kecil, Rani memberikan solusi untuk memindahkan bangku atau sofa dan furnitur besar ke ruang lain. Ciptakan tampilan manis di meja tamu Anda dengan cara menghadirkan toples-toples kue. Syaratnya, pilihlah toples kue yang menarik dengan tambahan hiasan bunga, yang ukurannya disesuaikan dengan luas meja dan modelnya diselaraskan dengan nuansa ruangan.

"Sebaiknya toples itu diletakkan di tengah meja dan jangan memenuhi meja tamu karena kalau memenuhi meja akan terlihat tidak manis. Prinsip dasarnya, toples tersebut mudah terjangkau dan ditata agar tampil cantik di atas meja," cetusnya.

Memberikan tampilan yang lebih menawan, bisa meletakkan toples di atas nampan cantik dan usahakan warna serta modelnya selaras dengan si toples. Selain toples, Anda juga bisa menghadirkan bunga atau kulit ketupat mentah tanpa isi di atas nampan tersebut.

Mengenai warna cat dinding, arsitek dari PT Bangun Rumah Persada, Erlavina, mengatakan bahwa menyambut Idul Fitri, tema warna yang bisa diusung adalah putih, yang berarti suci. Alternatif lainnya, bisa mengaplikasikan warna hijau yang menjadi simbol warna ketupat. Sementara itu, untuk mengantisipasi banyaknya tamu yang datang ketika Lebaran, Erlavina menyarankan untuk menambah tempat duduk agar tamu yang datang tidak berdiri. "Sofa utama yang sudah ada sebaiknya dipertahankan. Penambahan kursi lain, sebaiknya warnanya disesuaikan dengan sofa utama. Jangan memilih warna yang terlalu kontras," katanya.

Untuk menambah kesan manis dan lembut, Anda juga bisa mengaplikasikan karpet. Karpet, menurut wanita yang akrab disapa Vina ini, tidak perlu menutupi seluruh lantai ruang tamu, melainkan hanya diletakkan di salah satu sudut atau di tempat sungkeman.

Senada dengan Rani, Vina juga menyarankan aksesori tambahan yang bisa dihadirkan dan turut menambah kesan hari Lebaran adalah hiasan ketupat plastik atau ketupat asli yang bisa diletakkan di meja atau dikaitkan di dinding maupun depan pintu.
Karangan bunga, gorden berwarna senada dengan sofa atau cat dinding, serta bantal sofa juga dapat dimunculkan untuk menambah semarak suasana Lebaran di ruang tamu. Menarik bukan mendekor ruang tamu Anda menjelang Lebaran tiba? Selamat Idul Fitri!
(sindo//tty)

0 komentar: