Filosofi Merah, Kuning, Cokelat...

PERMAINAN atau pemilihan warna sebaiknya sesuai dengan karakter dan dekorasi rumah. Jangan sampai pemilihan warna untuk rumah Anda justru membuatnya menjadi aneh atau bahkan tampak seperti taman kanak-kanak.

Rumah tampak seperti taman kanak-kanak mungkin akan membuat senang anak Anda yang masih balita. Namun, tidak sedap untuk dinikmati sebagai dekorasi hunian. Yang perlu diperhatikan bahwa warna itu mencirikan karakter seseorang dan di balik warna-warna juga terdapat makna yang dapat memberikan ketenangan.

Karena itu, sebelum mewarnai rumah maupun ruangan, Anda harus tahu siapa yang bakal menggunakan ruangan tersebut. Berapa usianya, jenis kelaminnya, dan karakter penghuni rumah atau ruangan tersebut.

"Misalnya warna kamar anak-anak, berwarna kontras dan mencolok untuk membangkitkan semangat si anak. Sedangkan kamar utama orangtua lebih baik pilih warna yang menyejukkan," ujar interior desainer I Oetomo Aryo Bimo.

Pemilihan warna juga harus disesuaikan dengan kebutuhan serta fungsi masing-masing ruang. Misalkan warna dingin gradasi hijau dan biru memberikan efek yang menenangkan pada ruang kerja, ruang baca, atau kamar tidur. Sementara, pada ruang keluarga, ruang bermain, ruang tamu, dapur, teras, dan carport bisa menggunakan warna yang membangkitkan semangat, seperti warna cerah gradasi kuning, oranye, dan merah.

Warna-warna bumi alias earth tones, seperti hijau daun, cokelat tanah, merah bata, abu-abu pasir atau batu lebih banyak diminati untuk menciptakan suasana yang mendekati alam. Misalnya, pemilihan gradasi warna cokelat tanah pada ruang tamu dan ruang keluarga, dengan warna gelap untuk lantai yang merupakan simbol tanah atau bumi.

Kemudian warna sedang pada dinding dan perabotan kursi, meja, serta lemari yang jadi simbol pepohonan, bukit, dan pegunungan, serta warna terang plafon (simbol langit) agar nuansa di luar bisa dibawa ke dalam rumah. Warna oranye pada lantai, dinding, dan perabotan dipadu putih pada plafon, kusen pintu, dan jendela, bakal menghadirkan suasana senja (sunset).

Selain itu, menurut penelitian, pemilihan warna yang tepat juga mampu menstimulasi, menenangkan, menenteramkan, menjernihkan, dan menyembuhkan kesehatan fisik dan mental penghuni rumah. Bahkan, teknik terapi kesehatan dengan warna (color therapy) sudah berkembang luas.
(sindo//tty)

0 komentar: