Percantik Hunian Saat Lebaran, Yuk!

MENYAMBUT Lebaran biasanya umat muslim melakukan perubahan dekoratif pada bagian-bagian tertentu huniannya. Salah satu hal yang dilakukan ialah dengan mengecat ulang hunian menjelang hari kemenangan tiba.

Untuk menghadirkan nuansa religius, biasanya mereka melakukan perubahan dekoratif di area-area khusus huniannya. Semisal ruang tamu dan ruang makan, menghadirkan hiasan ketupat di kedua area tersebut akan menjadi aksen yang memeriahkan suasana. Toples kue yang cantik pun dapat menjadi pernik yang manis menghiasi meja tamu.

Tak sebatas itu saja, salah satu elemen dekoratif yang umumnya digunakan adalah kaligrafi Arab. Aplikasi beberapa ornamen pada bagian depan pintu masuk melalui ekspos dan ukiran bertuliskan kalimat suci juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghadirkan nuansa religius.

Selain mengubah tampilan dekorasi ruang dengan pernak pernik pendukung, suasana nan fitri akan semakin terasa saat Anda all out menata seluruh tatanan hunian. Perabot pelengkap semisal gorden, karpet, sarung bantal, taplak meja, lukisan, hingga bingkai foto dapat diganti sesuai dengan tema yang ingin dihadirkan.

Mengoptimalkan barang-barang koleksi pribadi semisal kain songket sebagi taplak meja dapat menonjolkan tema Indonesia dalam ruangan. Untuk pemilihan penutup jendela, gorden memainkan peranan penting dalam rumah Anda. Karena itu harus dipilih secermat mungkin.

Agar Anda dapat membuat tampilan gorden terlihat lebih indah, elegan, dan sesuai dengan tema hari nan fitri, maka perlu memerhatikan keindahan dan keserasiannya. Jadi sebelum memilih atau membeli gorden, Anda harus melihat keseluruhan interior yang digunakan.

Nuansa kehangatan juga dapat tercermin dari pemakaian sejumlah elemen ruang, semisal karpet atau permadani yang memiliki garis desain Timur Tengah. Bahkan, pemilihan tableware (peranti makan) di meja tamu dan meja makan yang tepat dapat membuat tamu betah bertandang ke hunian Anda.

Melalui pemilihan peranti makan yang menarik diyakini dapat mencerminkan selera dan kepribadian Anda. Peranti makan tersebut terdiri dari piring, mangkuk, gelas, sendok, garpu, pisau, sumpit, tempat nasi, mangkuk sayur, piring lauk pauk, dan lainnya. Setiap alat memiliki fungsi masing-masing dan bentuk berbeda. Peletakannya pun memiliki fungsi tersendiri.

Pemilihan taplak, serbet, dan hiasan bunga atau lilin pun harus disesuaikan dengan tema yang diinginkan. Saat Anda menata meja makan dengan piranti yang tepat, dengan sendirinya suasana menarik pun akan terbentuk.

Bagaimana, siap berlebaran? (berbagai sumber) (nsa-oz)

0 komentar: